Wiranata

I GUSTI AGUS WIRANATA
Founder/Project Manager
Email: aguswiranata@memorapro.com
LinkedIn: Agus Wiranata

Wiranata adalah seorang pria asal Bali kelahiran 29 Juni 1986. Ia menamatkan kuliah diploma di jurusan Desain Grafis serta S1 dan S2 di Fakultas Ilmu Komunikasi. Ia memilih jurusan tersebut karena didorong oleh ketertarikan yang kuat terhadap multimedia dan penyiaran. Pertama kali memasuki dunia penyiaran sebagai seorang video editor berita pada tahun 2008 di Jimbarwana TV, sebuah televisi lokal di Jembrana, Bali.

Masih di tahun yang sama, akhir 2008, perjalanan kehidupan membawanya pindah ke Denpasar dan bekerja di Dewata TV, stasiun televisi yang kini diakuisisi Kompas TV. Di lembaga penyiaran tersebut ia dipercaya untuk menjadi video editor program produksi dan memegang tiga mata acara mingguan.

Selang dua tahun, di tahun 2010, kesempatan baru pun datang. Petualangan berikutnya mengantarkannya bergabung di jaringan televisi terbesar di Indonesia yang salah satu bironya berkedudukan di Bali. Biro tersebut adalah MNC Media Biro Bali. Di sana Ia menempati posisi chief post productions membawahi editing untuk news, program, dan motion graphic. Ia juga diperbantukan untuk menjalankan Character Generator saat live on-air.

Di tahun 2013 Wiranata memutuskan untuk mundur dari dunia televisi dan bergabung bersama Baliradio.net, media daring milik asing yang bermarkas di Bali. Di tempat tersebut ia ditugaskan untuk menjadi camera person sekaligus video editor. Ia memiliki kewajiban untuk liputan dan merekam kehidupan kaum ekspatriat serta lifestyle mereka di Bali. Satu hal yang menurutnya tak terlupakan adalah, saat ia mendapat akses eksklusif untuk meliput dari jarak dekat dan mengikuti perjalanan salah seorang personil Metallica yang sedang berlibur di Bali.

Setahun kemudian, di tahun 2014, dengan penuh pertimbangan matang, ia memutuskan untuk fokus mengembangkan usaha mandiri yang dirintis bersama seorang kawannya sejak tahun 2009. Sebuah rumah produksi yang memiliki spesialisasi menangani video konferensi, event, dan hiburan. Rumah produksi dengan konsep Business to Business tersebut diberi nama traxvideo. Di traxvideo, mereka menangani beberapa brand besar dunia dan memiliki sejumlah portfolio prestisius, mulai dari live video ‘Islamic Finance Debate’ yang diselenggarakan ReutersDokumentasi Google Cloud Summit Asia TenggaraAWS Pop-Up Loft Jakarta oleh Amazon Indonesia, Google Japan, Kementrian Kuwait, Shopos, NetAPP, J.W. Marriot, Singapore Telecom (Singtel), World Bank, dan lainnya. Berbagai projek tersebut mengantarkannya terbang ke berbagai negara di kawasan Asia Pasifik seperti Jepang, Makau, Hongkong, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Keberhasilan menggarap projek tersebut berkat kerja sama mereka dengan agensi Venterra dan EO besar asal Singapura.

Kesibukan dalam bekerja tak menghilangkan kecintaannya terhadap dunia komunikasi, media, dan informasi. Terbukti ia merintis Musiklik.com, media daring yang membahas musik dan dinamikanya. Tak hanya itu, ia juga sedang menyiapkan projek media rintisan lainnya yang diberi nama Balimagz.com. Rencananya, media ini mengangkat berbagai potensi dan hal positif mengenai Bali melalui platform berbasis web dan sosial media.

Aktualisasi lainnya, ia mendirikan personal project yang bernama Memora Productions. Di Memora, pria yang kerap disapa Bona ini memajang portofolio yang memiliki gaya berbeda dengan traxvideo. Memora lebih light dan menyasar pasar yang lebih umum. Memora menawarkan kemudahan dan konsep visual yang lebih sederhana namun tetap mempertahankan kualitas prima. Beberapa hasil olahan visual dari Memora Productions dipajang di sini.

Jika ingin berjejaring, berkawan, ataupun kerjasama bisnis dengannya, kamu bisa sapa Wiranata via surel di alamat aguswiranata@memorapro.com.

Salam kreatif.