Pembuatan Video Dokumenter atau Video Features di Bali

Video dokumenter, semi dokumenter, atau video features adalah produk video yang pendekatannya menggunakan pendekatan jurnalistik yang berlokasi di Bali atau pun luar Bali. Menyuguhkan keadaan yang sebenarnya, namun tetap dikemas dengan alur yang baik sehingga penonton tidak bosan dalam menyaksikannya. Banyak cara mengemas video jenis ini, mulai dari merangkum wawancara narasumber menjadi sebuah satu kesatuan cerita utuh, menambahakan narasi melalui voice over, atau dengan penambahan text grafis dalam memperkuat data.

Video dokumenter atau pun video features biasanya dimanfaatkan untuk menyampaikan suatu isu atau gagasan agar menarik perhatian banyak orang, baik di Bali maupun luar Bali. Alih-alih menyeting seperti dalam pembuatan iklan atau film fiksi, dokumenter lebih menangkap realita di lapangan yang disusun dalam frame-frame menjadi sebuah sequence yang bercerita. Pendekatan ini membuat dokumenter lebih membumi dan mudah dipahami karena berangkat dari keadaan yang sebenarnya. Biasanya dokumenter atau video features digunakan oleh pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat, hingga perusahaan, dalam menyebarkan informasi tentang isu yang menjadi concern mereka. Misalnya isu penanganan sampah plastik, isu kemiskinan, ekonomi dan lainnya.

Baca juga: Harga Jasa Pembuatan Video Company Profile di Bali

Memorapro berangkat dari individu yang terdiri dari para pembuat film dokumenter dan pekerja televisi yang terbiasa menyusun storyline dokumenter maupun produk jurnalistik lainnya. Tim memorapro memiliki pengalaman panjang dalam pembuatan video dokumenter maupun video features di Bali hingga luar Bali. Kami sering menjadi co-production untuk pembuatan dokumenter kementerian, dan banyak memproduksi video features untuk Lembaga swadaya masyarakat, baik lokal maupun internasional.

Kami sangat menekankan efektifitas dalam produksi. Dalam proses perekaman, kami mengusahakan agar subjek tidak merasa terganggu dan mengalir saat direkam maupun di wawancara. Kami akan berkonsultasi dengan klien melalui tahapan pra-produksi hingga matang menjadi sebuah storyline yang di-breakdown rapi, hingga siap untuk diproduksi di lapangan. Setelah proses pra-produksi lengkap, barulah tim Memorapro melaksanakan proses syuting mengikuti alur yang telah disiapkan pada saat pra-produksi. Dalam proses syuting, suara sama pentingnya dengan gambar, sehingga dalam melakuakan wawancara, kami menggunakan wireless clip on yang akan menangkap suara lebih clear.

Beberapa karya yang kami buat dapat disimak di bawah ini: